Artikel Fiesta Seafood

Tips Menyimpan Seafood

Seafood merupakan bahan pangan yang bersifat sangat mudah rusak. Produk yang sangat mudah rusak dapat dengan mudah ditumbuhi oleh mikroba pembusuk dan/atau pathogen yang menyebabkan produk menjadi rusak dan/atau menyebabkan penyakit ketika dikonsumsi. Menyimpan seafood pada suhu rendah merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan mutu dan/atau keamanannya.

Penyimpanan di suhu rendah terbagi dua: penyimpanan pada suhu dingin (di dalam refrigerator) dan penyimpanan di suhu beku (di dalam freezer).  Jika penyimpanan di suhu dingin akan memperlambat laju pertumbuhan mikroba, maka penyimpanan beku akan menghambat pertumbuhannya.  Hal ini menyebabkan umur simpan produk yang disimpan di suhu beku akan menjadi lebih panjang daripada yang disimpan di suhu dingin. Bagaimana teknik penyimpanan seafood di suhu dingin dan suhu beku?. Berikut tipsnya untuk anda.

Penanganan Pasca Pembelian

Mikroba sangat mudah tumbuh pada kisaran suhu 5 – 60 derajat Celcius. Karena itu, usahakan agar seafood segar tidak terpapar suhu 5 – 60 derajat Celcius untuk waktu yang lama.  Belilah seafood segar, dingin dan/atau beku, menjelang akhir berbelanja dan segeralah pulang. Jika cuaca di perjalanan sangat panas, atau jika waktu perjalanan lebih dari setengah jam, ada baiknya anda membawa seafood di dalam wadah dingin berisolasi atau meletakkan beberapa bungkusan es di dalam kantong berisi seafood.  Sesampai di rumah, seafood harus segera dimasukkan kedalam refrigerator atau freezer. Tentu saja, untuk seafood yang belum dibersihkan, jangan lupa untuk membersihkannya sebelum disimpan.

frozen seafood

picture from pinterest

 

Simpan di Refrigerator atau di Freezer?

Perhatikan jenis seafood yang anda beli. Jika anda membeli seafood segar atau yang dibeli dalam kondisi dingin (bukan beku), maka anda bisa menyimpannya di refrigerator atau di freezer.  Umursimpan seafood yang disimpan di dalam refrigerator dapat mencapai 1 – 2 hari. Jika anda ingin menyimpan seafood untuk waktu yang lebih lama, maka seafood harus disimpan di suhu beku. Umur simpan seafood beku dapat mencapai 3 – 6 bulan atau sesuai dengan waktu kadaluwarsa yang diberikan oleh produsen.

Jika anda membeli seafood beku maka produk harus segera disimpan di dalam freezer. Tidak disarankan untuk menyimpan seafood beku di dalam refrigerator ataupun di suhu ruang. Kenapa demikian?Kontak dengan suhu yang lebih tinggi akan menyebabkan suhu seafood beku menjadi naik sehingga es-nya akan mencair.  Kondisi ini menyebabkan mikroba yang tadinya tidak dapat tumbuh menjadi aktif kembali dan bekerja dengan sangat cepat merusak mutu produk dan/atau meningkatkan resiko keamanan produk. Jika seafood beku terpaksa berada di luar (suhu ruang), usahakan untuk sudah mengolahnya maksimal setelah 4 jam berada di luar.

Perhatikan juga suhu refrigerator atau freezer anda. Suhu ideal untuk penyimpanan dingin adalah tidak lebih dari 5 derajat Celcius, sementara suhu untuk penyimpanan beku ideal adalah sekitar -18 derajat Celcius.  Agar mutu seafood yang disimpan dapat bertahan sesuai dengan yang diharapkan, pastikan agar suhu ini dapat tercapai. Untuk itu, jangan mengisi refrigerator atau freezer anda secara berlebihan. Jika memungkinkan, periksa suhu di dalam refrigerator atau freezer secara teratur.

Seafood disimpan dalam kondisi terkemas rapat di dalam wadah/kemasan makanan yang bersih, tidak bocor dan tertutup rapat. Jangan menyimpan seafood di dalam wadah terbuka, karena akan menimbulkan resiko terjadinya kontaminasi dengan pangan yang lain.  Khusus untuk produk yang disimpan beku, penyimpanan pada wadah terbuka juga akan menyebabkan terjadinya pengeringan/dehidrasi di permukaan (freezer burn).  Seafood yang mengalami freezer burn akan mengalami perubahan warna permukaan, penyimpangan citarasa dan perubahan tekstur menjadi kering.

Tangani seafood segar dengan baik sebelum disimpan.  Penyimpanan di suhu dingin dan pembekuan tidak dapat memperbaiki mutu produk. Untuk dapat memperoleh mutu yang baik, maka simpanlah hanya seafood yang bermutu baik dan segera dinginkan atau bekukan. Jangan membekukan seafood yang bermutu rendah atau nyaris rusak.  Seafood beku bermutu rendah akan segera menjadi rusak (busuk) ketika es-nya dicairkan (dithawing) atau ketika produk diolah.

Mencairkan Es (Thawing) Dari Seafood Beku

Proses pencairan dapat dilakukan di dalam refrigerator, microwave oven atau dengan meletakkan wadah berisi seafood beku dibawah aliran air mengalir.  Produk beku yang sudah dicairkan harus segera diolah dan tidak boleh dibekukan ulang.  Proses pembekuan dan pencairan berulang akan merusak mutu dari seafood dan meningkatkan resiko keamanan pangannya.  Karena itu, sebaiknya pangan yang disimpan beku dikemas dalam ukuran yang sesuai untuk satu kali penggunaan.

Apakah Semua Produk Seafood Beku Harus Dithawing?

Tidak semua produk seafood beku harus dicairkan (dithawing) sebelum diproses (dimasak). Beberapa produk seafood beku dari industry diproduksi dengan teknik IQF (individually quick frozen), artinya seafood dibekukan dalam satuan (porsi) tunggal. Pembekuan dengan teknik IQF ini menghasilkan produk seafood beku yang saling terpisah satu dengan yang lain.  Contoh produknya adalah produk olahan seafood  yang diproduksi oleh Fiesta Seafood.  Pembekuan dalam bentuk IQF ini memungkinkan konsumen untuk mengambil hanya sejumlah yang diperlukan untuk segera dimasak (tanpa thawing).