Artikel Fiesta Seafood

Udang dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Udang merupakan salah satu dari jenis seafood yang sangat populer.  Citarasanya yang lezat menyebabkan udang banyak dikonsumsi oleh masyarakat terutama di daerah pesisir yang dekat dengan laut.  Dibalik rasanya yang gurih dan terkenal enak ini, udang juga memiliki banyak keuntungan untuk kesehatan tubuh. Benarkah demikian? Berikut penjelasannya

Protein udang dapat dikatakan bermutu tinggi karena terdapat dalam jumlah yang tinggi.  Sebanyak 100 gram udang mentah mengandung 20,3 gram protein.  Jumlah ini cukup untuk memenuhi 41% kebutuhan protein harian tubuh.  Kualitas protein udang juga sangat baik, karena sekitar 85 – 95 persen proteinnya mudah dicerna oleh tubuh dan mengandung semua asam amino esensial.  Asam amino esensial sendiri adalah asam amino yang dibutuhkan tetapi tidak bisa disintesa oleh tubuh sehingga harus diambil dari makanan.

Sumbangan kalori dari udang relatif rendah, hanya 106 kalori per 100 gram udang.  Udang juga hanya mengandung sedikit asam lemak jenuh. Jenis lemak yang dominan di dalam udang justru asam lemak tidak jenuh, termasuk omega 3, omega 6 dan omega 9 yang sangat baik untuk kesehatan jantung, syaraf serta menurunkan resiko penyakit degeneratif.

Udang mengandung beta-sitosterol, campesterol dan brassicasterol yang berfungsi sebagai komponen anti inflamasi dan berperan dalam menurunkan kadar LDL-kolesterol sehingga juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung koroner.

Udang juga merupakan sumber selenium.  Kandungan selenium di dalam udang sekitar 39 mikrogram per 100 gram udang.  Selenium adalah mineral yang bersifat antioksidan.  Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sekitar 80 – 85% dari selenium yang terkandung di dalam udang dapat diserap oleh tubuh.  Kekurangan selenium merupakan salah satu faktor penyebab kegagalan jantung dan penyakit kardiovaskuler lainnya, juga meningkatkan resiko penyakit diabetes tipe 2, dan depresi.

Daging udang juga banyak mengandung astaxanthin, yaitu sejenis karotenoid yang memiliki sifat sebagai anti oksidan dan anti inflamasi sehingga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan menekan munculnya radang.  Jumlahnya di dalam 100 gram udang sekitar 3.5 gram.

Jadi, jika dilihat dari kandungan zat gizi dan manfaat kesehatannya, maka udang adalah bahan pangan yang sangat baik untuk dikonsumsi.